5 CARA SEDERHANA & EFEKTIF MERAWAT INDOOR PLANTS

By Decorman Design Knowledge May 17 2019

Menempatkan tanaman di dalam ruangan, bukan hanya mempercantik interior tetapi bisa ditempatkan dalam ruangan sebagai antipolutan. Untuk memastikan udara di dalam ruangan tetap terjaga, kamu juga harus memerhatikan pertumbuhan tanaman-tanaman ini bukan? Karena ternyata tanaman ini juga bisa memberikan kualitas udara yang buruk juga.

Lalu bagaimana merawatnya ya? Nah, banyak sekali yang belum tau kalau merawat indoor plants ini cukup mudah dan tidak menyita banyak waktu. Sebelum kita membahas cara-caranya, kamu harus mengetahui jenis indoor plants yang kamu miliki. Apakah sudah benar memilih media tanamnya? Dan perhatikan fungsinya apa hanya sebagai tanaman hias atau memang sebagai pembersih udara dalam ruangan?

Yuk, coba simak 5 cara merawat dan penjelasannya dulu!

 

1. Kenali Karakteristiknya

Coba kamu perhatikan dan kenali apa jenisnya, varietasnya, rekomendasi suhu, kelembapan, cahaya, air, dan metode perawatannya. Kamu bisa mencari semua informasi ini secara online atau melalui buku-buku yang membahas berbagai jenis indoor plants.

 

2. Beri Pencahayaan yang Pas

Cahaya matahari sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Saat kamu sudah mengetahui karakteristik tanamanmu, kamu bisa menentukan posisinya untuk pencahayaan seperti apa yang dibutuhkan. Tentunya ini juga membantumu untuk menentukan kualitas, durasi, dan intensitas cahaya untuk setiap jenisnya. Jangan sekali-kali meletakkan indoor plants di tempat yang mendapat cahaya matahari secara langsung.

 

3.   Beri Air Secukupnya

Selain cahaya, air juga mempengaruhi pertumbuhan indoor plants. Namun, jangan terlalu sering memberi air karena tanah yang terlalu basah malah akan membuat akarnya busuk dan cepat mati. Sebelum memberi air, periksa kelembapan tanahnya dan pastikan air yang mengalir sampai ke bawah akar. Apabila kelembapan hanya sampai di permukaan tanah, ini akan mempengaruhi penampilannya. Oh iya, pastikan juga siram dengan suhu air normal, jangan gunakan air dingin atau air keran.

 

4.   Pemupukan

Untuk pemupukan sederhana, kamu bisa lakukan selama dua minggu sekali. Usahakan memakai pupuk yang memiliki keseimbangan nitrogen untuk pertumbuhan batang dan daun tanaman. Lalu pastikan juga unsur kalium yang tinggi pada kandungan pupuk agar tanaman semakin kuat dan kokoh.

 

5.   Mengganti Pot

Pemilihan pot untuk indoor plants mempengaruhi pertumbuhannya. Coba ganti secara berkala, sesuai dengan pertumbuhan tanamannya. Pot pertama yang kamu pakai harus berukuran lebih besar agar menyediakan kebutuhan ruang yang luas untuk tumbuhnya akar. Jangan lupa pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawah. Kamu bisa memakai pot berbahan plastik dan tanah liat untuk menjaga kelembapan tanah lebih lama.

Itulah beberapa cara sederhana untuk merawat indoor plants yang tidak menyita banyak waktu. Selain dari merawat internal tanamannya, kamu bisa merawatnya dengan cara eksternal yaitu memilih warna cat tembok yang aman untuk tanaman di dalam rumah. Untuk detail warna cat yang aman, selengkapnya bisa baca di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *