DARI BARANG ANTIK BISA JADI GAYA SHABBY CHIC

By Decorman Design Knowledge Oct 24 2019

Dari berbagai popularitas interior bergaya modern, ada satu gaya interior yang punya pesona sendiri, yaitu shabby chic. Desainnya hampir menyerupai gaya vintage, namun lebih menyajikan suasana lembut dan feminin. Dekorasi ini mempunyai aspek penting yaitu pada furnitur tua dan kain-kain lama.

Selain itu, dekorasi ini identik dengan warna pastel seperti merah muda, biru, putih, krem, atau peach ditambah aksen floral-nya yang khas. Jika kamu ingin menerapkan dekorasi ini, kamu nggak perlu beli furnitur baru. Cobalah mendaur ulang perabot yang warnanya mulai pudar, misal perabot dari kayu atau rotan.

Jika kamu ingin mencobanya, tentukan ruangan mana yang akan didekorasi ulang. Jangan khawatir, dekorasi ini cocok untuk di semua ruangan kok. Kira-kira apa aja ya yang perlu diperhatikan untuk membuat dekorasi shabby chic ini? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Menentukan wallpaper
PIlih cat dinding atau wallpaper berwarna putih. Selain membuat suasana terang, warna ini bisa memberi kesan lega atau luas pada ruang. Jika kamu ingin warna lain, pilihlah warna kalem dan tenang.

Slipcovers
Salah satu definisi dekorasi shabby chic adalah slipcovers. Biasanya ini digunakan untuk sofa atau kursi. Namun, kamu juga bisa kok melapisi furnitur lainnya, misal sandaran kepala, meja, atau kursi. Tentunya pilih kain dengan warna pucat atau motif yang sudah memudar atau floral.

Pakai barang bekas
Barang-barang bekas bisa menjadi pilihan tempat belanjamu. Kamu bisa menciptakan suasana lusuh dari kursi tua, daun pintu, jendela usang, atau bingkai kayu. Tapi tetap perhatikan kualitasnya ya, agar tetap awet digunakan.

Pencahayaan
Penerangan pada ruangan juga bisa membantumu mempertegas desain shabby chic lho! Kamu bisa menghadirkannya dengan lampu downlight. Sebagai dekorasinya, kamu bisa memilih lampu gantung yang bisa diletakkan pada sudut-sudut rumah.

Tentukan perabotan
Kamu bisa memilih perabotan dengan model timeless. Misalnya bingkai antik yang artistik bisa kamu gantung di dinding atau di meja, kursi formal bekas yang disulap menjadi kursi dengan sentuhan vintage, laci kayu putih berukuran kecil yang bisa diletakkan di ruang tamu atau kamar, dan gelas keramik dengan motif vintage. Untuk perabotan kayu, kamu bisa mengecat ulang dan jangan lupa refinish biar cat tahan lama meski pakai perabot lama.

Di atas adalah beberapa inspirasi buat kamu yang akan menyulap rumah menjadi dekorasi shabby chic. Dekorasi yang semi vintage ini bisa membuatmu lebih mudah menerapkannya, karena cukup dengan mendaur ulang barang-barang lawas dan antik untuk dicat ulang. Jangan lupa refinish dengan cat sintetik serba guna berpengencer air yang cepat kering, punya daya lekat kuat ke subtrat, tahan cuaca, warna tahan lama, tidak mudah pudar, ramah lingkungan, dan nggak beracun. Kamu bisa mendapatkan catnya di sini, dan segeralah tentukan mulai dari mana kamu harus mendekor rumah. Selamat berkreasi!

  1. Nice !! terima kasih referensinya...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *