DINDING REMBES PAS HUJAN BISA BIKIN SEBEL SEHARIAN

By Decorman Design Knowledge Nov 16 2019

Musim hujan datang bisa bikin mood membaik atau malah berantakan, lho. Buat sebagian orang, musim hujan bikin nggak bisa beraktivitas normal seperti biasa. Selain itu, bakal bisa nggak tenang juga karena harus stand by biar rumah nggak rembes dan bocor.

Apalagi kalau hujan lagi deres banget seharian dan lagi di rumah sendirian. Pas udah pastiin semua ruangan di rumah nggak bocor, ternyata malah bisa tiba-tiba banjir. Trus terpaksa deh, kamu harus bolak balik ngeringin lantai. Huh, nggak kebayang kan gimana sebelnya!

Air masuk yang tiba-tiba dan nggak bersuara ini biasanya muncul dari rembesan dinding yang airnya nggak berhenti masuk. Kalau dibiarin rembesan dinding ini bisa ngerusak dinding dan perabotan di sekelilingnya, lho. Bisa berjamur, bikin ruangan lembap, atau berbau nggak sedap.

Coba kalian mulai cek semua dinding di sudut-sudut rumah, karena dinding rembes juga nggak melulu karena hujan. Bisa jadi ruanganmu ini dekat dengan kamar mandi, jadinya dinding bisa lembap dan rembes. Tapi untuk sedia dinding anti bocor sebelum hujan, kamu bisa lakukan beberapa cara di bawah ini:

Tiba-tiba bocor? Cari tau sebabnya!
Seperti yang sebelumnya, dinding rembes ini banyak banget faktornya. Misal karena kelembaban tinggi di sekitar rumah atau  ruanganmu dikelilingi area basah dan berair. Selain itu bisa juga karena proses pengacian nggak sempurna atau belum kering. Idealnya proses pengeringan aci ini punya durasi sekitar 5-7 hari setelah pengaciannya. Apalagi saat musim hujan, dinding yang rembes terjadi bisa karena dag beton atau talang air bocor. Ini yang bikin air ada di celah-celah dinding rumahmu.

Rembes karena dinding retak?
Rembes juga bisa disebabkan dinding retak. Solusinya emang harus ditambal dan dicat ulang. Eits, tapi sebelum mengecat, cek retakan dindingnya dulu, lho. Apa retakannya kecil atau besar, karena retakan ini bisa jadi celah masuknya air. Apalagi saat hujan deras, curah air yang masuk akan lebih tinggi untuk masuk ke celah retakan dinding. Kalau retakan dari dinding, kamu bisa menutupnya dengan semen instan. Sedangkan kalau ada di dag beton kamu perlu menambah aci atau semen grouting di titik retakannya.

Ini senjata ampuhnya!
Saatnya pilih cat anti bocor, biar nggak ada rembesan air ke dinding rumahmu lagi. Kamu bisa memilih cat dengan lapisan pelindung kedap air dan tahan hujan. Tentunya dengan formulasi polimer akrilik dan tahan air maupun sinar UV. Jangan lupa pilih waterproofing, rainproofing yang dekoratif, dan tentunya juga ramah lingkungan. Oh iya, kamu bisa beli cat ini online tanpa harus meragukan kualitasnya.

Yuk, buruan cek semua sudut-sudut ruangan di rumahmu sebelum hujan datang seharian dan bikin kesel bekepanjangan!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *