MACAM-MACAM MOTIF DINDING BIKIN RUANGAN NGGAK BORING

By Decorman Design Knowledge Sep 23 2019

Mengubah tampilan interior rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain memperbarui perabotan, memasang elemen dekorasi, kamu bisa mengecat ulang dinding ruangan sesuai selera. Saatnya kamu mencoba motif dinding yang berbeda dari biasanya, bisa dengan beberapa garis atau pattern yang instagramable. Konsep yang instagramable ini sudah banyak diterapkan pada beberapa rumah makan, hotel, cafe, hingga kantor.
Tapi perlu diingat selain memilih motif yang nggak monoton dan membosankan, pastikan motif ini sederhana namun tetap memberi kesan artistik. Agar motif tetap enak dipandang dan nggak bikin pusing coba baca macam-macam inspirasi di bawah ini yuk!

Motif Ombre
Motif ombre atau gradasi warna ini biasanya dipakai untuk mengecat rambut. Tapi siapa sangka kalau cat ombre ini bisa kamu aplikasikan ke dinding rumah. Pertama siapkan 3-4 warna cat dengan gradasi warna terang ke gelap. Lalu sebelum melakukan pengecatan, pastikan batasi area warna dinding dengan selotip kertas.

Motif Garis dari Sapu Ijuk
Ternyata sapu ijuk juga bisa kamu pakai untuk bikin motif garis. Jadi setelah mengecat dinding yang masih basah, gosokkan sapu ijuk ke dinding secara vertikal dari atas ke bawah. Kalau dirasa sangat biasa, kamu bisa membuat garisnya horizontal. Tentunya sesuai selera, ya!

Motif Garis Abstrak dari Selotip
Kali ini kamu bisa bikin motif garis abstrak yang artistik. Sebelum dinding dicat, coba bikin garis-garis yang saling bertabrakan dengan menempel selotip bening atau kertas. Kamu bisa kreasikan bentuk garisnya zig-zag, meliuk, atau tetap simetris. Lalu setelah dicat dan kering, buka semua selotipnya.

Motif Percikan Cat
Mengecat dinding tanpa kuas? Motif kali ini memang menantang insting senimu, lho. Coba bayangkan kamu mengecat dinding hanya dengan percikan dari kuas atau sikat. Memang saat membayangkan hasilnya akan jadi lebih menarik, tapi saat melakukannya diperlukan ketelitian dan kesabaran.

Motif Ilusi Batu Bata
Kamu mau punya dinding dengan motif batu bata? Eits, jangan menjebol atau membangunnya ulang ya. Coba lakukan pengecatan ulang dengan spons persegi panjang. Jangan lupa ukur lebar dan panjang spons dengan luas dinding yang akan dicat. Cara mengecatnya juga cukup gampang, celupkan permukaan spons ke cat lalu tempelkan ke dinding. Ingat lakukan dengan teliti yaa, agar hasilnya juga tampak realistis.

 

Motif Cap Tangan
Membuat rumah terasa lebih hidup, kamu bisa pakai telapak tangan sebagai motif. Memang tampaknya jadi berbeda dari motif dinding lainnya. Tetapi motif ini bisa membuat kenangan di rumah, lho. Ajak keluarga ikut serta menempelkan telapak tangannya ke dinding. Pilih dasar dinding berwarna terang atau putih, lalu pakai cat berwarna untuk tekstur telapak tangan.

Motif Bercak dari Kain
Kain bekas ternyata bisa bikin motif keren di dinding lho! Caranya saat setelah cat dinding belum mengering, ambil kain yang sudah dibasahi dan tempelkan pada dinding. Caranya seperti menghapus tapi dengan menekan kain dan mengangkatnya, lakukan secara merata di dinding. Jika mau mendapat hasil yang artistik, coba pilih warna dasar cat yang solid dan gelap, agar bercak kain ini terlihat.

Motif Dinding dengan Stensil
Ternyata motif-motif wallpaper bisa kamu bikin sendiri tanpa menyewa pelukis atau membeli wallpaper-nya. Kamu bisa mendapatkan pola dinding melalui internet dan cetak sesuai ukuran luas dinding. Teknik stensil ini juga tidak perlu merombak ulang cat dasar dinding, kecuali kalau kamu mau membuat warna lain. Jadi, ketika dindingmu putih polos, kamu bisa buat pola dengan cat warna lain atau sebaliknya. Lakukan dengan teliti dan cermat saat mengecat ya, pastikan jaraknya tetap simetris.

Motif Tambahan
Motif tambahan pada dinding ini juga sangat gampang diterapkan. Saat dinding rumahmu polos, kamu bisa berikan aksen sesuai selera. Misalnya aksen garis, lingkaran, atau sesuai dekorasi ruangan. Misalnya, kamu bisa memakai 2-3 warna dengan ukuran transparasi cat berbeda, lalu mulai bikin pola garis yang kamu inginkan. Jadi dindingmu akan tetap tampak serasi dan tidak terlalu ramai.

Motif Mural
Pada motif mural, kamu memerlukan tenaga ahli untuk membantumu merealisasikan gambar pada dinding. Motif ini memang sangat jarang dipakai pada beberapa orang, namun nggak ada salahnya untuk dicoba. Mural ini bisa memberi kesan artsy pada ruangan, tapi tetap serasikan dengan dekorasinya ya. Agar tetap artistik saat dipandang.

Itulah 10 inspirasi motif dinding dan teknik mengecatnya. Tentunya kamu masih bisa berkreasi sesuai selera atau menciptakan motif dan teknik baru. Saat melakukan pengecatan ulang, pastinya kamu membutuhkan cat-cat dinding dengan kualitas tahan lama dan ramah lingkungan bukan? Jadi kamu bisa memilih cat-cat berkualitas ini di sini dan langsung membelinya online. Tetapi apabila masih mencari-cari warna yang pas, kamu bisa menemui ahlinya dan  berkonsultasi langsung di Inspiration Center. Di tempat ini, kamu bisa melihat sample cat dan membelinya di tempat. Saatnya mulai pikirkan motif dinding yang kamu sukai. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *