MENCEGAH DINDING REMBES SELAMA MUSIM HUJAN

By Decorman Tricks and Tips Jan 07 2020

Hujan datang hampir setiap hari, masalah rumah juga mulai berdatangan. Dari saluran air, atap bocor, dinding lembab dan rembes. Saatnya kita perlu tenaga ekstra untuk merawat rumah agar jauh dari masalah-masalah yang bikin nggak nyaman di rumah selama musim hujan.

Kali ini kita coba membahas masalah dinding rembes yang sebenarnya bisa kita hindari. Masalah dinding rembes ini sangat bisa merusak estetika warna cat hingga membuat perabotan jadi rusak. Tenang, semua bisa diatasi dengan tips singkat di bawah ini.

Perhatikan Kusen Pintu dan Jendela
Seringkali atap yang selalu diperiksa untuk menghindari kebocoran. Kali ini kamu juga harus perhatikan saat memasang kusen pada pintu dan jendela rumah, karena kusen ini juga bisa menyebabkan rembes di sela-sela pintu atau jendela saat hujan deras. Jadi coba pilih kusen dengan ukuran tepat agar terhindar dari rembes.

Perhatikan Sirkulasi Udara
Ventilasi udara yang kurang baik bisa menyebabkan atap keropos dan rembes. Jadi sirkulasi udara rumahmu kurang baik, tambahkan sebuah jendela pada sisi atap atau bagian bawah genting. Hal ini bisa membuat kerangka atap tetap kering, sirkulasi udara lancar, dan tidak ada lagi rembes.

Perhatikan Dinding Lembap
Ketika dinding rumah lembap itu disebabkan karena kondisi jamur di area dinding. Ini yang akan terjadi saat kita membiarkan dinding terus-terusan rembes. Apalagi saat kita salah memilih cat yang kurang tepat. Apabila dinding kalian sudah ada yang berjamur, coba mulai bersihkan dulu baru mengecat ulang.

Plester Dinding Bagian Luar
Penyebab paling sering dinding rembes biasanya dari dinding luar yang langsung berhadapan dengan hujan belum diplester. Meski saat dinding belum diplester bisa membuat kesan vintage pada rumah, tapi seharusnya jangan melupakan fungsi rumah untuk melindungi kita dari hujan. Berikan waterproofing pada dinding bagian rumah agar terhindar dari rembes ke dalam dinding rumah.

Memilih Cat Waterproofing
Ini adalah bagian penting untuk melindungi rembes pada dinding. Kamu bisa mengecat dengan cat waterproofing dan rainproof yang berbasis air elastomer ke dinding luar rumah. Pastikan kamu memilik cat yang tahan sinar UV dan tahan air. Sehingga ketika kamu memakai cat ini, dinding terhindar dari retak rambut, hingga jamur. Keuntungannya adalah warna catnya selalu dekoratif dan ramah lingkungan. Jadi pastikan dinding rumahmu sudah menggunakan cat waterproofing dan rainproof. Kamu juga bisa membelinya online untuk atasi dinding rembesmu dengan cepat.

Kelima tips di atas bisa kamu lakukan untuk mencegah rembes selama musim hujan. Saatnya cek kondisi dinding di seluruh ruangan rumahmu, ya! Selamat berbenah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *