MIX AND MATCH WARNA CAT UNTUK MEMPERCANTIK NUANSA RUMAH

By Decorman Design Knowledge Dec 06 2019

Banyak orang yang mengidamkan rumah minimalis. Mereka selalu bermimpi bisa membuat rumah sederhana tetapi tetap elegan. Keuntungan punya rumah minimalis ini juga tidak memerlukan lahan luas. Setelah punya rumah minimalis, kalian juga harus pintar-pintar memilih cat dinding dan dekorasinya.

Siapa sangka kalau warna cat ini berpengaruh pada tampilan rumah secara keseluruhan. Bisa jadi warna yang kamu pilih malah tidak menampilkan konsep minimalis atau memberi kesan sempit pada ruang. Jadi ada baiknya sebelum menentukan warna yang akan dipakai, kamu harus tahu karakteristik warna terang dan warna gelap. Kalau kamu ingin menampilkan kesan minimalis dan ruangan luas, pilihlah warna-warna cerah. Sedangkan untuk menampilkan ruangan sempit, pilihlah warna-warna gelap.

Setelah tahu karakteristik warna, saatnya kamu memadukan warna-warna yang mempercantik tampilan rumahmu. Agar kamu dapat paduan warna yang pas dan cantik, coba ikuti beberapa tips di bawah ini.

Memakai cakram warna
Pertama, ketahuilah kalau warna cat dasar merah, kuning, dan biru didapat dari warna-warna sekunder, tersier serta turunannya. Cara gampang untuk mendapat warna serasi adalah dengan memilih warna-warna yang bersebelahan. Kalau kamu menginginkan warna kontras yang serasi dan tidak norak, kamu bisa pilih warna-warna yang membentuk sudut 900.

Sesuaikan warna pada luas ruangan
Jika kamu punya ruang berukuran kecil pilihlah warna-warna terang. Seperti putih, kuning muda, dan coklat muda. Eits, tapi bukan cuma 3 warna itu aja ya. Kalau kamu mau menambahkan warna gelap, kamu bisa menampilkannya pada perabotan, cushion, atau elemen pada dinding dengan syarat porsi tidak terlalu dominan.

Menentukan palet warna
Kamu bisa menentukan warna cat dinding analogous, complementary, atau monochromatic. Jika kamu memilih warna analogous, berarti pilih warna yang bersebelahan seperti warna merah, oranye, dan kuning. Lalu jika memilih complementary, berarti pilih warna yang berseberangan seperti warna hijau dan merah. Terakhir, ini adalah pilihan warna yang gampang kamu pakai. Monochromatic ini adalah memilih satu warna dasar kemudian cari warna turunannya. Misal kalau memilih navy blue, kamu bisa memilih turquoise, sky blue, dan light blue.

Tentukan point of interest ruang
Tentunya tiap ruangan dalam rumahmu punya point of interest berbeda-beda. Jika kamu ingin membuat point of interest ini berkesan, jangan sampai salah pilih warna. Misalnya di ruang tamu, kamu ingin menonjolkan warna merah pada sofa berarti kamu membutuhkan warna cerah seperti putih, krem, atau coklat muda. Jadi sebelum menentukan warna ruangan, coba perhatikan baik-baik apa point of interest-nya.

Mencari referensi warna dan dekorasi
Tips terakhir adalah cara yang penting dan sangat membantumu mengecat ruangan, yaitu dengan rajin-rajin mencari referensi warna dan dekorasi. Kamu bisa mencari dekorasi dan warnanya bersamaan pada salah satu aplikasi Google Play Store  untuk melihat katalog warna dan produk cat yang bisa kamu pakai langsung. Jadi jangan ragu-ragu dan langsung download aplikasi ini ya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum memulai mix and match warna cat rumah. Saatnya mempercantik dan memperbarui nuansa rumah dengan warna-warna favoritmu. Selamat berkreasi!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *