MUSIM HUJAN SUDAH TIBA SAATNYA CEGAH KEBOCORAN ATAP RUMAH

By Decorman Tricks and Tips Nov 09 2019

Selamat datang akhir tahun. Selamat datang musim hujan!

Beberapa minggu ini hujan sudah turun, yang paling ditakutkan pasti adanya kebocoran di dalam rumah. Jadi sebelum hujan turun setiap hari dan deras, coba mulai amati dinding dan atap rumahmu. Apalagi atap dan dinding yang dekat dengan barang-barang elektronik. Berikut ini, akan ada tips buat kamu untuk mencegah atap bocor dan cara mengatasi apabila sudah terjadi kebocoran. Coba simak beberapa poin yang wajib kamu perhatikan untuk mencegah kebocoran.

Perhatikan kemiringan atap
Kemiringan atap ini memang bisa kalian amati saat sebelum membangun rumah. Idealnya, atap harus mempunyai kemiringan 30-40 derajat. Tapi buat kamu yang nggak lagi membangun, pengecekan atap ini bisa dilakukan 5-10 tahun atau sesuai kebutuhanmu. Karena siapa sangka kemiringan yang awalnya baik, bisa perlahan mulai melengkung dan berubah dari konstruksi awal. Ini biasanya disebabkan karena pergantian cuaca drastis atau kondisi genteng yang sudah tidak layak.

Perhatikan kebersihan atap
Meski atap ini nggak pernah kita lihat setiap hari, ada baiknya kamu perhatikan kebersihannya. Karena, kebocoran juga bisa datang dari tumpukan sampah daun kering yang menghambat aliran air ke talang. Yuk, coba mulai cek kebersihan atap-atap rumahmu sekarang!

Perhatikan pipa dan talang
Jika kamu sudah periksa bagian atap tetapi masih bocor, saatnya kamu mulai cek kondisi talang dan pipa air. Coba amati penyebab talang ini rusak, apa karena sambungan yang lepas, daya rekat mulai rapuh, atau malah ada keretakan. Kalau kerusakannya makin parah, segera ganti dengan baru.

Perhatikan saluran listrik
Selain mengatasi kebocoran atau rembesan, kamu juga harus perhatikan aliran listrik. Mulai dari lampu-lampu ruangan dan kabel-kabel listrik. Ini dilakukan untuk menghindari sengatan listrik dari kabel yang terkelupas. Jadi, coba amati instalasi kabel-kabel di luar rumahmu, ya.

Perhatikan cat yang dipilih
Selain melakukan pengecekan pada atap, talang, dan tembok, pencegahan kebocoran bisa kamu lakukan saat memilih cat lho. Pilihlah cat anti bocor dan anti rembes yang terbuat dari bahan elastomer acrylic polymer, dengan daya penguluran tinggi (± 600%), serta tahan air dan sinar UV. Lalu, pilih cat dengan keunggulan anti jamur dan ramah lingkungan tentunya. Kamu bisa membeli cat ini di sini dan untuk mengetahui banyak keunggulan lainnya langsung cek di sini.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Saatnya cari waktu libur untuk mulai mengecek atap, tembok, dan kondisi rumahmu sebelum hujan datang setiap hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *