TIPS BELANJA FURNITURE VINTAGE TANPA RUGI

By Decorman Interior Experiences Jul 22 2019

Saat mengisi interior rumah memang perlu pertimbangan cukup matang. Pertimbangan ini jelas dimulai dari budget yang dimiliki, karena tanpa disadari pengeluaran untuk furniture ini menyerap anggaran paling banyak. Hal ini juga membuat beberapa orang mencoba beralih mencari secondhand furniture. 

Tapi siapa sangka kalau furniture bekas ini sekarang malah menjadi trend interior, sehingga harganya juga ada yang lebih mahal daripada furniture baru. Harga tinggi pada furniture bekas ini sangat wajar, karena beberapa furniture vintage ini sangat susah dicari. 

Setelah kamu memutuskan ingin membeli secondhand furniture, saatnya juga mulai menyalakan radar ketelitian dan kejelian saat membeli. Memang beberapa furniture masih terlihat sempurna, tetapi ternyata ada juga beberapa titik cacat dan bisa menurunkan nilai fungsinya. Tidak ingin menyesal kan? Coba ikuti tips di bawah ini!

Periksa Kulitas

Tentukan standar yang sama seperti saat membeli furniture baru. Meskipun bekas, tetapi furniture adalah investasi jangka panjang, ketahanan material dan kenyamanan fungsi tetap menjadi hal yang paling penting. Kamu harus jeli dari tampilan depan hingga komponen yang menyusunnya. Jadi periksa juga seluruh bagian dari luar hingga ke dalam.

 

Jangan dibeli! Apabila…..

Matras bekas yang berbau akan mempengaruhi kesehatan. Bau yang dikeluarkan ini biasa disebabkan oleh tungau dan bakteri yang bersarang lama di dalamnya.

Komponen furniture menghilang. Perhatikan struktur barang misal pada kaki kursi atau meja yang sudah patah.

Terakhir, adalah furniture yang tinggi masa penggunaannya. Misal sofa bekas yang sering diduduki akan mengalami penurunan masa, sehingga tidak nyaman digunakan lagi.

Perbarui Furniture

Coba perbarui sedikit secondhand furniture yang sudah kamu beli. Misalnya cat kembali pada furniture dengan warna yang sedikit memudar. Kemudian lakukan refinishing, varnish, atau cat ulang agar tampak seperti furniture baru. 

Sedangkan untuk sofa, kamu bisa bersihkan atau ganti bahannya dan sesuaikan motif yang diinginkan. Kamu bisa memilih cat kayu untuk perabotan di sini.

 

Kombinasikan Furniture Baru & Furniture Bekas

Setelah memutuskan gaya vintage di dalam rumah dengan secondhand furniture, kamu bisa menambahkan kesan dinamis dengan menyelipkan beberapa furniture baru. Ini bisa membuat nuansa ruangan di rumahmu tidak terlalu tampak suram dan kaku karena secondhand furniture. Pilihlah desain yang lebih modern untuk disandingkan bersama furniture vintage.

Sesuaikan dengan Cat Tembok

Ingat, perhatikan keselarasan warna furniture dengan tembok ruanganmu. Rencanakan warna apa saja yang akan dominan pada secondhand furniture agar tetap tampak nyaman ketika berada di tengah-tengah ruangan. Misal pilihlah 3-5 macam warna pastel pada secondhand furniture untuk disandingkan dengan satu cat tembok, atau bahkan sebaliknya. Untuk memilih cat tembok yang pas di ruanganmu, kalian bisa memilih dan membelinya di sini. 

 

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat ingin membeli secondhand furniture. Tak perlu ragu lagi membuat nuansa rumah dengan gaya vintage. Tampilkan ruangan secantik dan se-fungsional ruangan dengan furniture baru.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *