TIPS BUAT BESI NGGAK BERKARAT LAGI

By Decorman Design Knowledge Oct 16 2019

Penyebab utama kerusakan material besi adalah karat. Selain bisa merusak, ternyata karat sangat berbahaya dan bisa menyebarkan penyakit tetanus. Banyak material besi yang catnya tidak mengandung anti karat dan hanya memberikan penampilan yang menarik aja. Padahal melapisinya dengan cat yang tepat adalah salah satu cara untuk menghindari munculnya karat.

Biasanya, munculnya karat ini dipengaruhi perubahan iklim, khususnya pada material besi di luar ruangan seperti pagar, kursi, dan meja outoor. Perubahan ini dipicu karena seringnya terpapar hujan dan matahari dalam waktu yang cukup lama. Karat muncul ditandai dengan tumbuhnya jamur dan bau yang menyengat.

Nah, kondisi di atas tersebut bisa kamu cegah dengan memilih cat yang tepat agar material besi terhindar karat. Tips ini juga bisa diaplikasikan untuk proses pengecatan awal atau mencoba mengecat ulang material yang sudah berkarat.

1. Bersihkan bagian besi yang berkarat. Kamu bisa menggunakan sikat besi atau amplas kasar. Saat menggosok, pastikan karat benar-benar hilang dan bersih, ya!

2. Setelah bersih, cuci besi yang berkarat sampai bersih dan tunggu sampai kering. Ini bertujuan untuk menghilangkan karat yang sudah dibersihkan.

3. Saat besi sudah, kamu bisa langsung mulai mengecatnya. Agar lebih praktis kamu bisa gunakan cat besi 2 in 1, yaitu campuran cat anti karat dan top coat yang memberikan warna pada besi.

4. Untuk alat pengaplikasiannya, kamu bisa memilih kuas, rol, atau spray, sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum mengikuti keempat tips di atas, jangan lupa memilih cat dengan kandungan pigment anti karat yang efektif. Lalu, pastikan cat ini tahan cuaca jadi tidak hanya memiliki warna indah. Terakhir, pilih cat yang ekonomis, yang mengandung cat dasar dan cat akhir sekaligus. Kamu tentunya bisa menghemat biaya dan waktu karena pengaplikasiannya cukup dengan satu lapisan cat saja. Untuk mendapatkan cat 2 in 1 ini kamu bisa membelinya di sini dan untuk info manfaat cat bisa langsung cek di sini, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *