YUK, COBAIN DEKORASI BARU DI TAHUN BARU!

By Decorman Design Knowledge Dec 27 2019

Menjelang tahun baru, sadar nggak sadar kita pengen semuanya serba baru. Dari to-do-list sampai wish list baru, kantor baru, penampilan baru, dan suasana rumah baru. Kalo ngomongin suasana rumah baru, pasti nggak jauh-jauh juga dari dekorasi atau nuansa warna ruangan. 

Buat menyambut 2020, aku putuskan untuk membuat suasana rumah baru dan cerita ke temen-temen dekorasik, nih. Gimana pencarianku buat ganti nuansa baru di rumah lebih nyaman, tentunya lebih minimalis dan estetis ya, hehe. Setelah aku coba cari-cari, pilihanku jatuh pada gaya skandinavia. Meski gaya ini nggak baru-baru amat tapi masih relevan dan pas kok di 2020.

Gaya ini memang pas buat kalian yang punya rumah mungil tapi pengen keliatan elegan. FYI aja, desain rumahnya terinspirasi dari rumah-rumah di negara Skandinavia yaitu Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Islandia. Trus satu lagi, gaya ini identik dengan interior minimalis dengan warna dominan putih. Wow, makin nggak sabar nih buat dicobain.

Step berikutnya, aku coba cari-cari material dekorasi ini. Biar nggak salah beli dan bisa mix match dari perabotan yang aku punya. Jadi gaya ini memang selalu memakai material organik seperti rami, kursi kayu, dan kulit. Material yang pas untuk desain rumah di daerah bercuaca dingin. Trus gaya-gayanya juga terinspirasi dari alam, sehingga lebih sederhana dan cenderung futuristik. Oh iya, nuansa warnanya juga cenderung monokrom, nggak begitu colorful. 

Setelah tau dikit-dikit info ini, saatnya aku buka Instagram. Salah satu social media andalan yang aku percaya buat cari referensi gambar dan tutorial hehe, and Voilà! Aku menemukan salah satu rumah artis yang pakai gaya skandinavia. Ada beberapa sih, tapi aku berhenti di rumah Sabai Dieter dan Ringgo Agus Rahman. Selain karena Bjorka yang bikin menarik, rumah mereka benar-benar tampak minimalis ala-ala skandinavia.

Coba ya aku bahas mulai dari yang sering aku lihat, yaitu kamar. Sabai ini sering banget buat Instagram Story atau foto di kamarnya bareng Bjorka. Meski aku juga nggak bisa lihat full dalam ruangan, tapi dari pemilihan rangka kasur udah keliatan banget gaya skandinavia. Serba kayu dan minimalis banget. 


Sumber: Instagram @ringgoagus


Sumber: Instagram @ringgoagus

Tuh kan kamarnya pewe bangeet! Warna-warna yang dipakai juga nggak banyak, cenderung satu sampai dua warna. Dindingnya juga warna putih ditambah hiasan dinding dari material kayu.

Sekarang kita coba pergi ke ruang santai keluarga Sabai. Kayaknya ini salah satu ruangan yang sering banget Sabai pakai buat main bareng Bjorka. Kalo diliat, Sabai dan Ringgo memilih sofa juga dengan material kayu bukan sofa empuk yang biasa kita lihat di toko-toko. Warna-warnanya juga cenderung yang nggak begitu berwarna, seperti hijau identik natural dan coklat yang masih satu warna dari kayu. Keliatan nyaman banget ya.


Sumber: Instagram @sabaidieter


Sumber: Instagram @sabaidieter

Berikutnya kita coba lihat properti yang dipilih, semuanya serba kayu dan keliatan minimalis kalo ada di dalam ruangan. Sepertinya cat dinding juga semuanya putih, nggak ada warna lain. Trus, kayaknya  perlu sentuhan tumbuhan di interior, bisa tumbuhan plastik atau asli. Ini juga satu kunci yang bikin nuansa skandinavia jadi hidup dan lebih berasa naturalnya.


Sumber: Instagram @sabaidieter


Sumber: Instagram @ringgoagus


Sumber: Instagram @sabaidieter

Terakhir, kita coba lihat ruang makan rumah ini ya, karena dari semuanya warna dinding ini beda. Cenderung seperti tekstur beton yang belum dicat, tapi tampak natural dan dingin. Trus untuk kursi dan mejanya, mereka masih memilih material kayu dan besi. Keliatan minimalis banget kan...


Sumber: Instagram @sabaidieter


Sumber: Instagram @ringgoagus

Sebenernya masih banyak banget yang bisa kita bahas dari isi rumah Sabai dan Ringgo yang bisa jadi referensi. Tapi yang paling penting buat  kita tahu, gaya skandinavia ini yang penting minimalis, kayu, dan monokrom. 3 Key point yang bisa kita pegang buat mulai dekor ulang rumah. Pastikan juga pilih warna cat dinding dan properti dengan tepat ya. Oh iya, kalian juga bisa manfaatkan properti yang kalian punya. Jadi bisa didaur ulang dan jelas lebih hemat.

Buat cat dindingnya, aku rekomendasiin cat yang pas nih. Cat dinding dekoratif interior yang terbuat dari emulsi akrilik dan pigmen warna khusus. Jadi warna-warna ini punya retensi yang baik dan cocok di permukaan dinding atau langit-langit interior. Keuntungan lainnya saat pakai cat ini adalah nggak ada lead dan merkuri tambahannya lho, trus opacity warnanya juga sangat baik dan yang paling penting cepat kering. Kalian bisa beli online buat yang nggak sabaran cobain gaya skandinavia ini.

Selamat tahun baru dan selamat mencoba yang baru!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *